Sekelompok peneliti asal Swiss dan Australia berhasil menemukan spesies udang yang bernama Gonodactylus smithii. Udang tersebut memiliki ketajaman mata yang luar biasa. Tinggal di gugusan karang Great Barrier Reef, Australia, udang tersebut mampu melihat warna-warni yang tidak dapat dilihat binatang lain, bahkan manusia.

Gonodactylus smithii mampu melihat 12 jenis warna dasar, empat kali lebih banyak daripada yang dapat dilihat manusia. Udang ini mampu pula melihat enam jenis gelombang cahaya berbeda. Karena hidup dalam dunia yang lebih kaya warna Gonodactylus smithii memiliki kemampuan bertahan hidup lebih tinggi daripada spesies-spesies lain. Pasalnya, udang ini mampu melihat makanan-makanan yang tidak terlihat oleh binatang lain. Sebagian makanan spesies laut memang berwarna nyaris transparan atau benar-benar transparan, bagi mata binatang lain atau manusia. Namun, bagi Gonodactylus smithii, makanan itu sama sekali tidak transparan sebab udang tersebut mampu melihat warna ultraviolet hingga inframerah.

Udang Gonodactylus smithii juga termasuk udang laut yang ganas. Dalam kerajaan udang, Gonodactylus smithii dinilai sebagai spesies paling perkasa karena memiliki cakar tajam. Kombinasi mata tajam dan cakar itu menjadikannya predator paling ganas di habitatnya.

0 comments :

Post a Comment

 
Top